Selasa, 21 Februari 2012

Berperahu ke Air Terjun Sri Gethuk

posting oleh #turis3




postingeksperia
Mendengar tentang kota Wonosari atau Gunung Kidul wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, selalu identik dengan sulitnya air di musim kemarau. Namun dibalik sisi kekurangan tersebut, ternyata Gunung Kidul memiliki sebuah curahan air yang berlimpah ketika kita menemukan air terjun SRI-GETHUK.  
Perlu waktu kurang lebih 1,5 jam untuk menuju kesana berangkat dari kota Yogyakarta.
Sabtu, kami harus berkendara menggunakan motor untuk merealisasi rencana ingin melihat dari dekat tentang air terjun ini.  Hari itu kami berangkat hanya berempat minus turis 5 yang absen karena suatu hal yang berhubungan dengan sekolahnya.  Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat kami untuk tetap berangkat dengan formasi pasti 2-1-1+2.  Rombongan terdiri dari @Hansaa, @Tomeey, @JC_brain, @Rocky dan ditambah dengan bergabungnya @daniel beserta pasangannya.  Sabtu itu kami ber-enam berangkat menuju TKP dengan berkendara sepeda motor. 

Seperti yang kita kenal untuk kawasan Gunung Kidul, maka kami harus melawati beberapa tanjakkan untuk menuju daerah yang disebut dengan nama Playen.  Tepatnya sebelum anda masuk ke arah Wonosari, maka anda ambil belokan ke kanan menuju Playen.  Jangan terlalu kuatir, karena ternyata disepanjang perjalanan terdapat sign/rambu arah Sri Gethuk-Gua Rancang Kencana.  Ditambah lagi, untuk melancarkan perjalanan menuju TKP, kami digiring oleh salah satu guide terbaik kami (xaxaxaxaxaaa).  

@jc_brain bikers
Jam menunjukkan Pk. 10.15 WIB, harapan kami ketika memasuki daera Playen adalah semoga tidak banyak rombongan-rombongan lain yang sedang menuju arah yang sama dengan kita (pinginnya sepi).  
Memang ketika masuk ke daerah kawasan suasana masih sepi, dan hanya dijumpai 2 (dua) rombongan bus yang membawa para pelancong menikmati keindahan air terjun ini.
Air terjun SRI-GETHUK terletak di desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Jalannya cukup terjal, karena sebagian ada yang aspal dan sebagian masih harus melewati jalanan yang berbatu kapur.  Makanya sangat disarankan kalo anda ke Lokasi ini, pastikan bahwa ban anda masih layak.  Hal ini untuk menghindari ban bocor.  Anda bisa bayangkan bagaimana susahnya mencari tambal ban di daerah tersebut.  (bawa ban serep juga boyeeh).  


@toomey on TPR

Ketika memasuki kawasan, maka anda akan tiba di TPR untuk membayar retribusi. HTM nya tidak mahal kok, hitungannya per-orang Rp. 3000,- namun kalo satu motor berisi 2 orang cukup bayar Rp. 5000,-.  Tiket ini ternyata sudah termasuk HTM Sri Gethuk dan Gua Rancang Kencana, termasuk parkirnya juga.  Cukup murah kan!!!  ternyata usut punya usut pengelolaan kawasan ini dikelola langsung oleh PEMDES alias masyarakat desa sini.   Pengelolaannya masih sederhana, dan fasilitas penunjangnya pun sangat sederhana.  Tak ketinggalan warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan masakan, sampai dengan kolam pemancingan disamping lokasi.
perahu rakit
Yang unik di Sri Gethuk ini adalah untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menaiki perahu rakitan dari drum plastik sekitar dengan jarak sekitar 400 m. Ongkos naik perahu adalah Rp. 5.000,- Tidak ada pelampung bagi penumpang, meski di salah satu bagian sungai ada yang berkedalaman puluhan meter. Jadi Siap-siap berenang hehehee.  Tapi tenang saja, para petugas disana memakai pelampung kok bertuliskan DESA WISATA BLEBERAN.  Jadi kalo ada yang tercebur dua orang, masih bisa diselamatkan.
Sesampai di TKP, anda akan disuguhkan pemandangan air terjun yang sungguh unik dan alami.  Terdapat beberapa pancuran air yang turun dari atas tebing.  Tempat ini biasa disebut oleh para penikmat wisata alam dengan sebutan air terjun " berundak ".  Dengan disamping kiri baru-batu alam serta tebing yang bisa didaki oleh kedua kaki ini.
air terjun nampak dari depan

oiyaa, kalo anda pergi ke Sri Gethuk, coba tanyakan nama asal usul Sri Gethuk?? anda akan dapat certa yang penuh tanda tanya dari sang pemandu...
selamat berpetualang, hati-hati dijalan dan tetap berdoa :)

2 komentar:

  1. Silahkan dengan senang hati,bro. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan klik disini http://macak-turis.blogspot.com/2012/02/gabung-aja-dengan-kami.html
    Pokoknya jangan berkecil hati! Kemanapun kakimu melangkah, selama itu menarik dan pantas dibagikan. Mengapa tidak,heheheheee... (@turis2 disini)

    BalasHapus